Jalan Raya Kotaraja Telp. (0967) 581614, 081344259201, Pemasaran/langganan:   081387520442, Hunting: 08124870241, email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Sabtu, 04 Juli 2015 17:37

KTPI Papua akan Segera Dikukuhkan

Ditulis oleh

Pengurus PKTI Papua foto bersama dengan Pangdam usai audensi, kemarin.JAYAPURA - Untuk mensosialisasikan kehadiran Komisi Tinju Profesional Indonesia (KTPI) di provinsi Papua. KTPI dibawah pimpinan R.D. Siahiya,  sejak kemarin pengurus KTPI Kamis (2/7) mengadakan audensi dengan para pejabat yang ada di tanah Papua.
Salah satunya dengan Pangdam XVII Cenderawasih, Mayjen F. Siahaan di Kodam, Kamis (2/7) kemarin. Audensi ini dipimpin langsung oleh wakil ketua II KTPI provinsi Papua, Syahril Hasan, SE didamping sejumlah pengurus KTPI provinsi Papua lainnya.
Wakil ketua II KTPI Papua, Syahril Hasan, SE kepada Bintang Papua di kantor kemarin mengatakan audensi ini dilakukan dalam rangka persiapan pelaksanaan pengukuhan kepengurusan KPTI provinsi Papua. Pengukuhan ini rencananya dilaksanakan dalam waktu dekat.’’Sesuai dengan agenda yang kita tetapkan pengukuhan pengurus KTPI provinsi Papua, kita rencanakan antara bulan Juli dan Agustus mendatang,’’ kata Syahril seraya menambahkan bahwa kepengurusan KTPI Papua akan dikukuhkan oleh ketua KTPI Ruhut Sitompul, SH.
Lewat audensi ini, Syahril yang juga selaku menajer Hotel Sahid Papua mengharapkan kepengurusan KTPI Papua dapat tersosialisasi.’’ Jadi sebelum pengurus KPTI dikukuhkan oleh pengurus pusat, kita akan melakukan audensi dengan sejumlah pejabat-pejabat di tanah Papua,’’ tandasnya.
Dikatakan Syahril, asosiasi PKTI Papua baru pertama kali terbentuk di tanah Papua. Tentunya kata dia, ini menjadi tantangan bagi semua pengurus yang duduk di PKTI provinsi Papua. ‘’Sebagai anak bangsa yang cinta olahraga, saya tidak mau pengurus yang duduk di PKTI ini hanya berharap dapat sesuatu, tetapi saya ingin siapapun dia tanpa kecuali pengurus harus rela berkorban memajukan dunia tinju profesional di tanah Papua,’’ tukasnya. (ari/ari/l03)

Ketua  BTPI Papua Max Olua berpose bersama Ucu Borlack di Jayapura, beberapa waktu lalu.JAYAPURA—Pertandingan Tinju internasional  dan Lima (5)  partai perebutan emas daerah dalam rangka memperingati HUT PanglimaKodam XVII Cenderawasih Papua Mayjen TNI Fransen G. Siahaan dihelat pada 23 Juli  mendatang di GOR Cenderawasih, Jayapura.
Demikian disampaikan Ketua Badan Tinju Profesional Indonesia (BTPI)   Prof. Dr. Ruhut Sitompul, SH melaluiperwakilannya Ucu Borlack di Jayapura, Selasa (16/6).
Dikatakan Borlack, pertandingan tinju internasional mempertemukan Sam Ferlod Puadi Juara Nasional Kelas Bulu   dari  Glalani Boxing Camp Sorong,  Indonesia Vs Sukkasem Kietyong Yuth peringkat  2 Thailand. Kedua petinju akan bertarung selama 10 Ronde dalam  kejuaraan non gelar Asian Pan Pasific.
Kejuaraan Nasional Versi BTPI sekaligus memperebutkan Sabuk Emas Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP, MH 63,5 Kg Roy Tua Minihuruk Juara Nasional Manihuruk Boxing Camp Curup Bengkulu Vs Geisler Ap  Mantan Juara Nasional Knambai BC Umbai,  Kabupaten Jayapura  12 Ronde. 
Perebutan Sabuk Emas Kapolda Papua Irjen Pol Drs HM. Tito Karnavian, MA, PhD Kelas Welter 66,6 Kg Jhon “Fox” Ruba Juara Nasional versi FTI Armintan Boxing Camp Tangerang Vs Ramadhan Werium Mantan Juara Nasional  Animha Boxing Camp  Merauke, Papua.  8 Ronde.
Perebutan Sabuk Emas Ketua DPRP Yunus Wonda, SH, MH Kelas Bantam  53,5 Kg Paulus Baransano Peringkat 2 Nasional Victoria Boxing Camp Kabupaten  Manokwari, Papua Barat Vs Welen  Marahena Peringat 5 Nasional Neinggolan Gym, Jakarta.

Senin, 15 Jun 2015 07:37

Taklukkan SMPN Abepantai, SMPN 11 Juara

Ditulis oleh

Penyerahan piala kepada sang juara yang diwakili salah seorang pemain.JAYAPURA- Tim sepakbola SMP Negeri 11 akhirnya tampil sebagai juara 1 setelah dalam final yang berlangsung di Lapangan SMA Taruna Bhakti Kota Jayapura barhasil menaklukkan SMP Negeri Abepantai dengan Skor akhir 2-0.
Pertadingan pekan olahraga  ini guna mencari bibit unggul yang baik. Dalam partai final tersebut tampak para pemain menunjukan sportivitasnya di lapangan. Tentu ini  sebagai bekal untuk menjadi atlet-atlet profesional masa yang akan datang.
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Jayapura, Yakomina Rumbiak mengatakan, adanya ivent-ivent pekan olahraga ini adalah untuk mempersiapkan generasi  mudah sejak dini  mulai dari tingkat,SD,SMP,SMA,SMK yang ada di Kota Jayapura. “Ivent ini kita lakukan untuk mengisi waktu luang saat libur sekolah seperti,kita selenggarakan pekan olahrahraga bola kaki saat ini, sehingga waktu anak-anak tidak terbuang begitu saja,”ucapnya.
Yakomina menambahkan,kedepannya Dispora Kota Jayapura, akan melakukan seleksi usia 19 Tahun yang mana akan dipersiapkan untuk mengikuti lomba tersebut.
Dikatakan bahwa sudah terbukti banyak yang sudah dibina dan sekarang sudah menyebar di berbagai tim Sepakbola terutama di Tim Persipura Jayapura dan juga beberapa sudah berhasil bergabung Usia U-23.
Untuk itu, ia berharap  setiap pertandingan pasti ada yang menang dan kalah, yang kalah jangan bersusah hati ,namun terus giat berlatih dengan disiplin, sehingga prestasi lebih ditingkatkan lagi, dan itu  dibutuhkan kerjasama tim.

Ikut Festival Olahraga Nasional di Denpasar  Oktober

JAYAPURA—Meski belum lama  dibentuk, namun Pengurus Kabupaten  Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Intan Jaya tengah menyiapkan  Panahan Tradisional, untuk mengikuti  Festival Olahraga Nasional di Denpasar (Bali) Oktober mendatang.
Demikian  disampaikan  Kepala Dinas  Pemuda dan Olahraga Intan Jaya Otis Warwe usai  Pelantikan dan Pengukuhan  Pengkab FORMI  Intan Jaya Masa Bakti 2014-2019 di Hotel Andalucia, Kota Jayapura, Kamis (11/6).
Dikatakan Otis,pihaknya telah melakukan  suatu agenda besar, sehingga kedepan segera mempersiapkan dan menggali  berbagai macam olahraga masyarakat. 
“Kami juga  telah mempersiapkan anggaran, sekaligus segera mendaftarkan ke Kemenpora RI, agar  Tim  Panahan Tradisional asal Intan Jaya dapat mengikuti  Festival Olahraga Nasional tersebut,” ujarnya.
Menurutnya,  Panahan Tradisional adalah salah-satu kearifan  lokal yang dimiliki  masyarakat di   Delapan Distrik di Kabupaten Intan Jaya, termasuk juga lempar pucuk kelapa   atau    Bahasa  Biak  disebut Sokapiap. Lempar Pucuk Kelapa  adalah cikal-bakal olahraga lempar lembing.
“Kami segera  menggali, mengembangkan dan menyeleksi  atlit  Panahan  Tradisional, untuk berangkat ke Bali, karena prestasi seorang atlit  mulai  bangkit  dari  olahraga rekreasi masyarakat,” katanya. (Mdc/don/l03)

SENTANI- Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Jayapura, Alpius Demena, SE, MM, secara resmi membuka turnamen Futsal Aufa Cup 2 tahun 2015 tingkat Kabupaten Jayapura yang diikuti  80 klub yang berasal baik dari pesisir maupun daratan Danau Sentani, di Kampung Simporo, Rabu (10/6) sore lalu.
Kadispora Alpius mengatakan, tujuan diselenggarakannya turnamen futsal ini adalah untuk mencari bibit-bibit muda dan sekaligus sebagai ajang persiapan dari atlet-atlet futsal yang ada di kampung-kampung dalam upaya peningkatan kualitas mereka menuju persiapan PON XX tahun 2020 mendatang.
“Kami mengharapkan semua pemain dari seluruh tim yang akan bertanding nanti dapat menunjukkan bakat, skill dan juga mengedepankan sportifitas, karena kegiatan ini diadakan untuk penjaringan bagi atlet-atlet futsal menuju persiapan PON XX,” ujar Alpius ketika dikonfirmasi disela-sela peresmian Enakhou Obhee Homfollo, Kamis (11/6) kemarin siang.
Alpius juga menambahkan, bahwa Pemerintah Kabupaten Jayapura mempunyai program pembinaan, yakni mulai dari usia dini yang dilakukan di kampung-kampung, karena rata-rata yang ada di wilayah perkotaan sudah kelihatan kemampuannya,  namun dari kampung-kampung ini yang perlu diangkat.
“Program seperti ini sudah kita galakkan sesuai visi misi Bupati Jayapura dan Wakil Bupati Jayapura. Turnamen ini merupakan turnamen yang sudah dilaksanakan dua kali sejak tahun 2014 lalu, dan ada catatan kita kepada panitia penyelenggara turnamen yaitu dalam turnamen itu akan melihat beberapa anak yang mempunyai potensi untuk kita persiapkan bagi PON XX,” tukasnya. (Mir/don/l03)

Ucu Borlak mewakili Ketua Umum Komisi Tinju Profesional Indonesia Pusat (KTPIP)  Ruhut Sitompul, SH, ketika  menyerahkan bantuan  perlengkapan tinju  kepada  para atlit   Pra PON  XIX Pertina Papua di Stadion Mandala, Jayapura, Sabtu (6/6).JAYAPURA—Ketua Umum Komisi Tinju Profesional Indonesia Pusat (KTPIP)Ruhut Sitompul, SH diwakili   Ucu Borlak  menyerahkan bantuan perlengkapan tinju  kepada  para atlit   Pra PON  XIX  Pengprov  Pertina Papua di Stadion Mandala, Jayapura, Sabtu (6/6) lalu.
Ruhut Sitompul kepada Bintang Papua di Jayapura, Senin (8/6) mengatakan,  pihaknya   berharap dengan rencana berdirinya kepengurusan KTPI  di Papua akan bisa meramu  semua birokrasi pertinjuan nasional,  baik di kubu amatir maupun profesional,   agar para  atlit tinju  dapat  mempersiapkan   diri dengan baik menghadapi PON 2020  di Tanah Papua.  
Dengan demikian, kata Ruhut Sitompul, dari Cabor tinju mampu  menyumbangkan medali emas   demi harumnya nama Papua di kanca  daerah, regional  nasional  dan internasional. Pasalnya,  Papua merupakan  basis paling  terbanggakan dalam Cabor tinju,   sehingga animo masyarakat pun merasa tinju adalah bagian dari kehidupannya.
Kenyataannya, kini   sudah   15 Sasana Tinju yang  mendaftar ke Sekjen KTPI Papua Hugo Ayomi   Nomor Ponsel  085254686069,  dimana  segera dilantik  oleh Ketua Umum KTPIP Ruhut Sitompul,    yang direncanakan dilaksanakan  pada tanggal 23 Juli 2015  mendatang di GOR Cenderawasih, Kota Jayapura.
Dijelaskan  Rutut Sitompul,  bila  Pengurus   KTPI Papua telah  dilantik, maka secara otomatis sudah bisa bertanding di kanca profesioanl meskipun petinju masih main di amatir yang mana aturan tersebut sudah berjalan di pusat sehingga nasib hidup para petinju Papua  dapat terangkat.
Karenanya,  ujar  Ruhut Sitompul, pihaknya mengharapkan dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat serta tentunya pemerintah daerah sehingga dalam mempersiapkan atlit  tinju Papua untuk  menghadapi  PON 2020 secara dini.

Dany KosasihJAYAPURA—Pengurus Besar (PB)  Perbasi  Pusat bakal  mengirim pelatih dan  wasit, untuk  mendukung Pengprov  Perbasi Papua menuju Pra PON pada September mendatang.
Ketua Umum  PB  Perbasi   Dany Kosasih didampingi Wakil  Ketua KONI Papua John Banua  Rouw dan  Ketua Pengprov  Perbasi Papua Ribka Haluk, ketika Pelantikan  Pengurus Pengprov Perbasi Papua Masa Bakti 2015-2019 di Swissbelt Hotel, Jayapura, Jumat (5/6) menuturkan, pihaknya  bakal mengirim pelatih dan  wasit selama dua tiga bulan. Selanjutnya  mengirim  komisioner-komisioner  untuk Papua.
Dikatakan,  pihaknya juga  telah menyampaikan Pengprov  Perbasi  di seluruh Tanah  Air  untuk membantu Papua,  untuk menyiapkan wasit  dan infrastruktir  terutama karena  Papua baru pertama kali menyelenggarakan  PON.
Terkait persiapan  pebasket Papua menuju PON XVI di Jawa Barat, dia mengatakan,  pihaknya   belum  mengetahu secara  rinci  persiapan Pengprov Perbasi Papua. Tapi persiapan perlu   diperhatikan, agar segera menyiapkan timnya dengan baik.
“Tim daerah lain sudah siap semuanya ke Pra PON dan PON mendatang,” katanya.
Terkait  pengurus   Pengprov Perbasi Papua yang dilantik, Kosasih mengatakan, pihaknya  berharap langkah ini merupakan  angin   segar atau  ada sesuatu   yang  baru di Cabor  basket.  Pasalnya,  Tuhan memberikan talenta   yang luar  biasa   untuk anak asli Papua.  Hanya saja perlu dijawab oleh pengurus Pengprov  Perbasi  yang baru.